Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

Mei 10, 2017

               Setelah pada postingan pertama saya membahas definisi manajemen sumber daya manusia. Untuk postingan ke dua saat ini kita akan mengetahui mengenai manajemen sumber daya manusia dalam organisasi.


                Ada 6 unsur yang utama yang mendukung berjalannya kegiatan manajemen yaitu, manusia, uang,metode, mesin, bahan, dan pasar serta ada tambahan yang tidak kalah penting adalah waktu. Dengan adanya 6 unsur tersebut, maka suatu perusahaan atau organisasi akan mampu untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh organisasi atau perusahaan. Manusia menjadi elemen penting untuk berperan langsung dan mengelola organisasi serta sebagai sumber daya dalam organisasi. Dalam mengelola Sumber Daya Manusia dapat dilakukan mudah dan sulit. Dikatakan mudah apabila dalam proses pelaksanaannya berjalan sesuai prosedur yang ada dan minim terjadinya resiko dalam melakukan pekerjaannya. Akan dikatakan sulit jika manusia yang diarahkan tidak mampu menerima dan melaksanakan tugasnya sesuai prosedur. Maka dari itu, dalam menempatkan sumber daya manusia harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. “The Right Man In The Right Place” yang bermakna menempatkan manusia sesuai dengan tempat dan bidang sesuai dengan kemampuan yang ia miliki. Penyebab efisien dan inefisiensinya sebuah perusahaan adalah manusia sebagai faktor utamanya.

                Manajemen Sumber Daya Manusia diperlukan dalam meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Untuk mencapainya, studi tentang manajemen personal akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan memelihara karyawan dalam jumlah (kuantitas) dan tipe (kualitas) yang tepat.

                Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer, dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.

                Tujuan – tujuan MSDM terdiri dari empat tujuan, yaitu:

  1.         Tujuan Oraganisasional
  2.         Tujuan Fungsional
  3.         Tujuan Sosial
  4.         Tujuan Personal


                Sekian postingan ini saya buat, semoga postingan ini bermanfaat untuk anda menambah pengetahuan mengenai manajemen sumber daya manusia. Terima kasih.




Di tulis oleh : Aji Bagus Setiawan

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook