Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

April 25, 2017

Di zaman seperti saat ini, dengan perkembangan di segala bidang menutut perusahaan  untuk mampu bekerja dengan efektif dan efisien untuk tetap mampu bertahan dalam kompetisi dengan para pesaing. Tingginya tingkat kompetisi membuat suatu perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki. Sebab itu, diperlukanya pengelolaan/memanajemeni terhadap sumber daya manusia yang merupakan faktor utama dalam keberhasilan perusahaan. Sebelum kita mengetahui banyak mengenai manajemen sumber daya manusia. Kita harus tahu terlebih dahulu apa itu manajemen sumber daya manusia, dalam postingan pertama saya ini akan mengshare definisi manajemen sumber daya manusia.

            Ada beberapa definisi mengenai manajemen sumber daya manusia menurut para ahli :

  • Menurut Melayu SP. Hasibuan

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan   tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

  • Menurut Mutiara S. Panggabean

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan analisis pekerjaan, pengadaan, evaluasi pekerjaan, pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.

  • Menurut  Achmad S. Rucky

Manajemen sumber daya manusia adalah aplikasi yang lebih tepat pada efisiensi yang sama dalam pemanfaatan, akuisisi, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat optimal dari pemanfaatan sumber daya manusia oleh organisasi dalam mencapai tujuannya.

  • Menurut Henry Simamora

Manajemen sumber daya manusia adalah pemanfaatan, penilaian, pengembangan, pelayanan dan sistem manajemen pembalasan terhadap individu yang menjadi anggota kelompok atau organisasi bekerja. Manajemen SDM juga erat terkait dengan desain dan perencanaan implementasi sistem, personil, evaluasi pekerjaan, persiapan, pengembangan karyawan, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan lancar.

                Dari beberapa deinisi yang di ungkapkan oleh para ahli bisa di buat kesimpulan, bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan seni atau ilmu untuk mengatur, merencanakan, mengelola, dan mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan serta hubungan antar karyawan dalam perusahaan yang menggunakan metode yang sistematis sehigga sumber daya manusia dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan baik individu, masyarakat, dan perusahaan.

        
        Nah, itu merupakan beberapa deinisi dari para ahli serta definisi menurut saya berdasarkan pemahaman tentang definisi manajemen sumber daya manusia. Semoga apa yang saya posting menjadi ilmu yang bermanfaat. Sampai jumpa.




Artikel di tulis oleh : Aji Bagus Setiawan

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook